Tips Kunjungan

Bila Anda hendak berkunjung ke Ruang Tata Pamer Galeri Sejarah Pesanggrahan Menumbing Bersama rombongan, berikut kami berikan tips agar tidak menunggu antrian yang terlalu lama.

Bila rombongan Anda berjumlah di atas 200 0rang, akan terdapat waktu antri yang panjang dan lama.

Antri dimulai dari Gerbang Pos 1 Menumbing, kendaraan harus bergilir untuk naik ke puncak mengingat jalur hanya untuk satu mobil. Diperlukan waktu lebih kurang 10 menit bagi shuttle bus untuk naik ke puncak dan turun kembali ke Pos 1 dengan waktu yang sama. Dan antian selanjutnya terdapat saat masuk ke dalam Ruang Tata Pamer Galeri Sejarah Pesanggrahan Menumbing yang dibatasi hanya 20 orang per tur dengan durasi 30 menit per tur.

Sebagai alternatif mengusir kejenuhan dalam menunggu antrian, Anda sebaiknya membagi rombongan menjadi dua, yaitu rombongan pertama tetap berada dalam antrian untuk Ruang Tata Pamer Galeri Sejarah Pesanggrahan Menumbing, dan rombongan kedua menunggu antrian berikut dengan mengunjungi daya tarik wisata sejarah lain yang ada di Kota Mentok.

Anda dapat mengajak sebagian rombongan untuk mengunjungi Pesanggran BTW Muntok yang berada di pusat Kota Mentok. Tempat ini juga memiliki hubungan erat dengan sejarah pengasingan para tokoh pejuang kemerdekaan. Mercusuar Tanjung Kalian juga dapat menjadi pilihan untuk menunggu waktu antrian dari rombongan yang pertama. Mercusuar Tanjung Kalian yang terletak di Pantai Tanjung Kalian juga menjadi tempat favorit liburan para tokoh kemerdekaan yang diasingkan pada masa itu. Selain dua tempat itu, Museum timah Indonesia juga dapat menjadi pilihan sebagai tempat mengenal Kota Mentok dan sejarah timah dari masa ke masa.

Setelah itu, rombongan kedua dapat kembali ke Pos 1 Menumbing untuk antri naik ke puncak Gunung Menumbing dan rombongan pertama yang turun dari puncak Gunung Menumbing dapat melakukan kunjungan ke daya tarik wisata sejarah lain seperti rombongan sebelumnya.

Untuk penentuan waktu pergantian antrian itu, dapat disesuaikan. Bila rombongan pertama naik ke puncak Gunung Menumbing pada pukul 09.00-12.00 WIB, maka rombongan kedua menyusul bergantian naik pada pukul 13.00-16.00 WIB  setelah melakukan kunjungan ke daya tarik wisata sejarah lain yang ada di Kota Mentok.*